Kamis, 19 April 2018

PERADABAN AWAL DUNIA


SMA negeri 3 Bangko Pusako
Guru pembimbing : Abdullah ,spd

Kelas x ips 2
Mata pelajaran      : sejarah

Kelompok 1
·         Diana lestari
·         Dwi sry wahyuni
·         Bayu Amanda
·         Eni ardiyanti
·         Andri hutajulu

A.    PERADABAN AWAL DUNIA
1.      Pusat-pusat peradaban kuno di asia,afrika,dan eropa
a.      sungai dan perkembangan peradaban
 Bangsa Mesir,Irak,India,dan cina kuno mengembangkan peradabannya di kawasan sungai besar yang melintasi kawasan sungai Nil di Mesir,Euphrat dan Tigris si Irak,gangga di india dan kuning di cina,merupakan pusat-pusat peradaban tertua di dunia.keempat sungai tersebut memiliki  karakter berbeda yang menyebabkan  penduduknya mengembangkan cara hidup yang berbeda pula.hal ini disebabkan adanya perbedaan keadaan geografis, musim, cuaca, serta tanaman yang diolah.
b.      sungai dan lahirnya challenge and response theory
menurut pendapat Toynbee,masyarakat yang tinggal di sekitar sungai selalu dihadapkan pada tantangan alam (challenge).tantangan tersebut mendorong mereka untuk terus hidup (survive).timbullah pemikiran untuk menghadapi tantangan terseebut,keberhasilan mereka dalam menghadapi tantangan tersebut melahirkan peradaban.dalam sistem kepercayaan,mereka yakin bahwa hidup mereka diatur oleh dewa-dewa yang harus disembah.untuk memenuhi tujuan ini, mereka menciptakan tulisan untuk mencatat semua kegiatan, temuan, dan kepercayaan.tulisan juga digunakan untuk menginformasikan pengalaman masa lalu mereka pada generasi yang akan datang.
B.peradaban awal asia
1. peradaban india kuno
Peradaban india kuno dikenal sebagai peradaban lembah sungai Indus.luas geografis  wilayah peradaban ini meliputi 1,25 juta km pangkat 2 atau seluas Pakistan sekarang,dua kota yang sangat terkenal di wilayah ini adalah mohenjo-daro di wilayah Pakistan selatan sekarang dan Harappa di daerah Punjab.
a.  masuknya bangsa arya dan terbentuknya peradaban india
        1. bangsa arya
Banyak ahli sejarah menduga bahwa peradaban mahenjo-daro dan Harappa runtuh akibat serbuan bangsa arya.dalam regveda digambarkan bangsa arya adalah bangsa yang suka perang.mereka mampu menaklukan bangsa india asli.sekitar tahun 500 SM,Bngsa arya telah membentuk peta politik baru india sebagai satu kerajaan besar dengan menguasai suku-suku bangsa india asli.
2.      sistem kasta
pada  sekitar 500 SM, terdapat empat lapisan masyarakat,yaitu
      a.brahmana (pendeta) yang merupakan ahli agama dan bertanggung jawab dalam
                                           melakukan upacara-upacara ritual keagamaan.                
b.ksatria (bangsawan/priyayi) adalah yang harus mempertahankan penduduk dari serangan musuh di medan tempur.
c.waiya (petani dan pedagang) adalah penghasil bahan makanan dan kasta yang harus membayer pajak.
d.sudra (buruh) yang semula sebagai budak taklukan,bertugas  melayani kelas lainnya dengan cara kerja keras.
Golongan yang tidak berkasta adalah yang kehilangan kastanya yang disebabkan pelanggarna dalam upacar ritual.
3.      kepercayaan masyarkat india kuno
Kepercayaan masyarakat india kuno mencapai puncak pada abad ke-6 dan 5 SM dengan berkembangnya hinduisme,jainisme,dan buddhisme.
b. kerajaan-kerajaan india kuno dan sistem pemerintahan
1.india di bawah Persia
2.dinasti maurya
3.raja ashoka
2.peradaban cina kuno
peradaban cina kuno berkembang di sekitar sungai huang ho (kuning) di utara sungai yang tse di sebelah selatan.penduduk cina sejak zaman neolitikum (batu muda) sudah mengembangkan budaya agraris di sekitar sungai tersebut.
a.dinasti shang dan peradabannya (1500-1027 SM)
dinasti shang adalah dinasti kedua hsia (2000-1500 SM).dinasti shang merupakan dinasti cina asli yang tumbuh dan berkembang di sekitar lembah sungai kuning.paa zaman dinasti shang,tulisan mulai dikenal.Awal terciptanya tulisan cina berkaitan dengan kepercayaan yang dianut.
b.dinasti chou dan berkembangnnya ajaran filsafat cina (1027-221 SM)
cirri peradaban yang menonjol pada zaman dinasti chou adalah dibentuknya pemerntahan pusat yang kuat yang didukung oleh para bangsawan feudal dan memiliki kecakapan dalam mengembangkan Negara.zaman dinasti chou ditandai dengan kemajuan kreatifitas intelektual.para pemikir cina zaman chou tersebut antara lain konfusius yang mengembangkan konfuisianisme,lao tze yang mengembangkan taoisme,han fei tsu,dan li ssu yang mengembangkan ajaran legalisme.
c.zaman imperium cina dan hasil peradabannya
cina memasuki zaman dinasti baru setelah shih huang ti diangkat sebagai kaisar pertama dinasti chi’in.masa setelah runtuhnya dinasti han pada 220 M ditandai dengan perang saudara. Setelah kurang lebih 400 tahun berperang,cina disatukan lagi oleh dinasti tang (618-906M).sejak zaman tang,pendidikan di cina mengalami kemajuan,perdagangan dan perjanjian dagang dengan Negara tetangga banyak dilakukan. Hubungan dagang dengan india, Persia, arab dan jepang lebih intensif.empat dinasti yang berkuasa sampai abad ke-20 adalah sung (906-1280 M), mongol (1259-1368M), ming (1368-1644 M), dan Manchu (1644-1912 M).
3.peradaban Mesopotamia
a.sistem kepercayaan
sistem kepercayaan bangsa sumeria berkaitan dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya.mereka yakin bahwa bencana alam seperti banjir digerakkan oleh kekuatan gaib.bangsa sumeria percaya pada banyak dewa (polytheisme).
b.penyebaran peradaban Mesopotamia
bangsa sumeria adalah bangsa yang membangun pola dasar sosial ekonomi dan kehidupan in telektual di Mesopotamia,sedangkan bangsa samit adalah yang menyebarkan ke luar dari wilayah Mesopotamia.kira-kira tahun 2331 SM bangsa semit dibawah pimpinan sargon menaklukkan bangsa sumeria dan mendirikan imperium baru dengan ibu kota akkad.
c.imperium babylonia
Berkembangnya babylonia juga ditunjang oleh peran rajanya yang memiliki pandangan jauh ke depan.raja tersebut bernama Hammurabi (1792-1750 SM).tulisan yang pertama di Mesopotamia yang berbentuk cuneiform ditemukan oleh bangsa sumeria pada kira-kira tahun 3100 SM.
d.ilmu pengetahuan Mesopotamia
1.matematika
2.pengobatan
3.bidang astonomi.
C.Peradaban awal afrika
Sejarawan yunani kuno pada abad ke-5 SM menyebut mesir sebagai “hadiah dari sungai nil” (the give of the nile). Dengan kata lain,kemakmuran mereka diperoleh berkat hadiah sungai nil.
1.Sistem kepercayaan
Pusat sistem kepercayaan dan kehidupan politik mesir kuno adalah firaun atau raja/penguasa mesir.
2.pemerintahan imperium mesir
Tidak ada data yang jelas mengenai raja mesir pertama,kecuali diketahui menes adalah raja yang mampu menyatukan mesir dalam satu kerajaan pada 3100 SM.setelah itu, memasuki zaman dinasti. Ketika alexsander agung dari yunani mengalahkan imperium Persia, mesir pun menjadi bagian dari yunani.salah seorang jenderal pembantu, alexsander agung, ptolomeus, mendirikan dinasti di mesir yang berlangsung sampai romawi menaklukannya pada 27 SM.seorang ratu termashur dari dinasti ptolomeus adalah Cleopatra.
3.strafikasi sosial ekonomi masyarakat mesir
Kehidupan ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk mesir kuno adalah pertanian dan agrarian.mereka  emperoleh emas dan gading dari bangsa-bangsa afrika. Adapun tembaga diperoleh dari kepulauan Aegia, yunani, kuda dan kayu dari babylonia serata bahan cat dari funisia.
4.ilmu pengetahuan dan teknologi
a.arsitektur
b.tulisan dan aksara
c.astronomi
d.pengobatan
D.peradaban awal eropa
a.peradaban minoa
b.peradaban mysenaea
c.polis dan sistem pemerintahannya
      1.karakteristik polis
     2.polis sperta
     3.polis Athena
d.kebudayaan dan peradaban hellenik
1.arsitektur dan patung
2.kehidupan religi atau kepercayaan
3.ilmu pengetahuan dan filsafat
e.kebudayaan hellenistik
ilmuan yang menonjol dari peradaban ini adalah Eratosthenes, seorang ahli geografi yang mampu memperkirakan garis tengah bumi hampir tapat, serta memperkirakan jarak bumi-matahari dengan kekeliruan hanya satu persen.
2.peradaban  romawi kuno
a. munculnya peradaban romawi kuno
secara garis besar,sejarah romawi dibagi menjadi dua, yaitu
1.zaman republic, yaitu zaman ketika roma tumbuh dari Negara kota kecil menjadi republic yang luas
2. zaman imperium, yaitu zaman berkuasanya monarki konstitusional.sebelum kedua zaman tersebut, italia dimasuki berbagia bangsa dari utara, timur, dan selatan.
b.pemerintahan republic romawi
pada masa pemerintahan republic, wilayah romawi membentang dari spanyol di barat sampai turki di timur dengan pusatnya di roma. Di bawah hukum roma, comitia memiliki hak membuat undang-undang tanpa  di-vote oleh senat. Akhirnya, dengan sistem pemerintahan seperti ini, roma menjalankan pemerintahan yang demokratis.
c.wilayah kekuasaan romawi
selama kurang 500 tahun, wilayah romawi semakin meluas. Mula-mula seluruh semenanjung Italian disatukan.roma berhasil menaklukkan semenanjung Balkan pada 146SM dan menguasai bangsa perganon di turki sebelah barat pada 133 SM.dengan kemenangan tersebut, wilayah romawi semakin luas membentang dari spanyol sampai pantai turki.
d.perubahan gaya hidup dan timbulnya masalah sosial
1.sistem kepercayaan
2.perubahan gaya hidup
e.akhir republic roma
1.gagalnya landreform
2.pemberontakan daerah
3.triumvirat dan perebutan kekuasaan
4.persekongkolan menyingkirkan Julius Caesar
f.imperium romawi
1.zaman kaisar octavianus augustus
2.zaman pergantian kaisar
g.warisan peradaban romawi
Bangsa romawi adalah bangsa yang bersifat terbuka terhadap kebudayaan luar. Peradaban hellenistik (campuran peradaban yunani dan peradaban timur) diadopsi,kemudian dikembangkan menjadi satu peradaban baru, peradaban romawi. Hukum romawi pada prinsipnya adil dan manusiawi.sebagai contoh adalah kode hukum justianus pada abad ke 6 M menjadi dasar hukum Negara-negara barat sekarang. Kode napoleon yang terkenal itu pada prinsipnya mengadopsi dari hukum romawi, begitu jugs dengan hukum kanon gereja katholik sekarang.
E.Peradaban awal Amerika
1.peradaban maya (300 M-1500 M)
a. letak dan kondisi geografis
Bangsa maya menempati wilayah meksiko tengah. Kekaisaran maya mencangkup banyak Negara merdeka, seperti Palenque, copan, tikal, chichen, itza, dan uxmal.
b.kondisi sosial-politik
Mampu menciptakan pemerintah dengan sistem kekaisaran.mereka juga mendirikan tempat pemujaan bagi para dewa.
c.kehidupan budaya
1.sistem kepercayaan
2.ilmu pengetahuan dan teknologi
2.peradaban aztek (1298-1521 M)
a.letak dan kondisi geografis
Bangsa aztek adalah bangsa pengembara yang tiba di lembah meksiko pada abad ke-3. Mereka kemudian sampai di danau berawa yang terletak disebelah texcoco.
b.kondisi sosial-politik
kekaisaran aztek memiliki kesatuan tentara yang mereka banggakan yang disebut ksatria elang dan ksatria jaguar. Mereka adalah tentara yang selalu berada di garis depan baik untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri.
c.kehidupan budaya
1.sistem kepercayaan dan religi
2.ilmu pengetahuan dan teknologi
3.peradab inca (500-1532 M)
a.letak dan kondisi geografis
kekaisaran inca terletak di wilayah peru, yaitu sekitar danau Titicaca dekat pegunungan andes. Bangsa inca kemudian mengalami perkembangan. Sejak 1200 M, mereka mendiami cusco, yang wilayahnya membentang dari quito di sebelah utara, sampai ke cili di selatan.
b.kondisi sosial-politik
Bangsa inca menerapkan sistem federal yang terdiri atas pemerintahan pusat dengan cusco sebagai ibu kotanya dan empat wilayah atau suyu yang terdiri dari chinchaysuyu, antisuyu, kuntisuyu, dan qullasuyu.
c.kehidupan budaya
1.sistem kepercayaan dan agama
Mereka menyembah dewa bumi yang bernama pachamama dan dewa matahari virachocha. Bangsa inca percaya raja-raja yang memerintah inca memiliki hubungan genealogis ( keturunan ) dengan dewa matahari.
2.ilmu pengetahuan dan teknologi
Dalam kekgiatan pertanian mereka telah mengembangkan semacam sebuah laboratorium Yang disebut moray yang dimaksudkan untuk mengembangkan varietas yang cocok di tanam di dataran tinggi andes.mereka juga mengembangkan persawahan dengan  sistem terasering.
Daftar pustaka
Boehari. 2012. Melacak sejarah kuno Indonesia lewat prasasti.jakarta: kpg.
Hariyono. 1995. Mempelajari sejarah secara efektif. Jakarta: pustaka jaya.
Chau ming. 1994. Mengenal beberapa aspek filsafat konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme, jilid lll. Jakarta: sasana. 
  
  














0 komentar:

Posting Komentar

Jawaban Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 Abdullah, S.pd CGP Angkatan 11

1. Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik? Nilai-nilai yang ...